Beberapa Tips Bagi Calon Pendaftar Siswa Baru

Masa Ujian Nasional (UN) telah selesai dijalani.  Pengumuman kelulusanpun telah diterima. Satu langkah maju telah telah diambil.  Yaah …  Lega sekali rasanya …

Eit, tapi tunggu dulu, masih ada satu langkah yang harus di tempuh “nyari sekolah baru buat ngelanjutin”. Yang mau kuliah sih sebagian dah pada daftar dari kemarin-kemarin, dah ketrima malah.

Buat yang mau ngelanjutin ke tingkat SMA (SMP juga), terutama yang di kotanya dah menggunakan sistem online, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah langkah :

  1. Cari informasi tentang nilai rata-rata, nilai tertinggi maupun terendah dari sekolah lain, bandingkan dengan nilai UN yang kamu peroleh.
  2. Beli formulir pendaftaran, usahakan untuk dua atau tiga pilihan (sekolah). Ini berarti posisi kamu sudah aman, nggak kuatir lagi bakal kehabisan formulir.
  3. Tak perlu buru-buru untuk mengembalikan formulir pendaftaran, kecuali kalo kamu benar-benar yakin bakal diterima pada sekolah yang kamu inginkan.  Akan lebih baik kalo formulir dikembalikan satu atau dua hari menjelang penutupan pendaftaran, sambil kita pantau perkembangan rangking nilai yang diterima di  sekolah yang bersangkutan. Di sini kamu bisa menentukan sekolah mana sebagai pilihan pertama, kedua, ataupun ketiga.
  4. Jangan sekali-kali mencabut pendaftaran bila kita tidak diterima pada pilihan pertama, berkas akan dikirim oleh ke sekolah pilihan kedua/ketiga kalo kita diterima di sana.  Untuk kota-kota tertentu, kita hanya diperbolehkan mendaftar sekali saja. Kalo dicabut berarti kita gak diterima di semua sekolah negeri di kota itu.  Bahaya kan? Sekali lagi, cermati aturan mainnya.
  5. Tak perlu memaksakan diri untuk diterima di sekolah tertentu kalo kita memang tidak bisa memenuhi kriteria yang dipersyaratkan.  Tidak perlu menempuh jalan yang tidak baik ataupun lewat pintu belakang.  Orang tua perlu menanamkan kejujuran dengan memberikan contoh yang baik, jangan malah sebaliknya.  Jangan lupa, inilah pendidikan moral yang sesungguhnya.
  6. Berdoa dengan sungguh-sungguh disertai ikhtiar/usaha yang baik.

Oke, itulah sekedar tips bagi calon siswa baru maupun bagi orang tua yang akan mendaftarkan putera-puterinya ke bangku sekolah yang lebih tinggi.  Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: